Do You Know? (Nov'2010)

Setiap hari manusia berkedip rata-rata sebanyak 15.000 kali. Tujuannya untuk melindungi kedua bola mata. Kedipan rutin tujuannya agar air mata membasahi permukaan mata yang mengering. Dengan satu atau dua kali berkedip per menit seharusnya sudah cukup untuk melakukan pekerjaan mencuci dan memoles mata. Selain itu berkedip juga menggambarkan emosi dan perasaan manusia. Sebagai contoh, perasaan cemas membuat kita berkedip lebih banyak. Jika sedang panik tanpa disadari mata kita akan berkedip lebih banyak dibanding situasi normal. Ternyata, segala sesuatu yang Tuhan ciptakan punya  peran dan manfaat masing-masing, termasuk kedipan mata. Ting, ting…

Menguap tidak selalu berarti mengantuk. Menguap juga merupakan sinyal dari alam bawah sadar anda bahwa tubuh anda kurang bergerak. Misalnya, anda terlalu serius bekerja sehingga menghabiskan lebih dari 5 jam duduk di depan komputer. Terlalu banyak menguap bisa juga berarti bahwa oksigen di dalam otak anda sedang menurun jumlahnya. Hati-hati, kondisi ini bisa menurunkan tingkat kewaspadaan serta konsentrasi anda terhadap pekerjaan dan lingkungan di sekitar anda.

Jika Anda takut tidur malam dalam kamar yang gelap, mulailah untuk melatihnya.
Tidur malam dalam kamar yang gelap benar-benar bermanfaat buat tubuh. Tidur dengan lampu mati sangat baik buat kesehatan tubuh dan bisa mencegah beberapa penyakit serius seperti kanker payudara dan kanker prostat. Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Peneliti menemukan ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker. Untuk itu orang-orang yang bangun di malam hari disarankan untuk tidak menyalakan lampu. Setiap kali menyalakan cahaya buatan pada malam hari akan memiliki dampak pada jam biologis tubuh, karena ini adalah mekanisme yang sensitif.

Oh iya, kamu tahu tidak berapa lama waktu yang digunakan untuk menghitung bintang? Agar dapat menghitung seluruh bintang di langit yang tertangkap oleh mata saat langit benar-benar cerah, kamu membutuhkan waktu lebih dari 3000 tahun. Itupun jika kamu  menghitung 1 detik untuk sebuah bintang tanpa berhenti. You wanna try?? hehehe… (GMS)

(pernah dimuat di Kingdom edisi November 2010, rubrik Do You Know hal. 39)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengerang dalam doa...

Bahagia

Realita